Apa sih itu Valentine Day?

by - 22:17

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 14 Februari banyak pasangan yang memperingati hari kasih sayang. entah kenapa ada niat buat nulis mengenai apa sih itu valentine day? Dari beberapa sumber yang sempat saya baca valentine day berasal berbagai kisah sejak zaman Romawi kuno. Setelah membaca artikel dari TIME The Mysterious History of the Real Saint Behind Valentine's Day, saya menarik kesimpulan bahwa sejarah dari hari valentine sendiri masih kurang jelas. 

Dari beberapa artikel menunjukkan valentine day berasal dari perayaan Lupercalia yang dilakukan oleh kaum Romawi kuno dengan cara melakukan seks semalam suntuk sambil mabuk-mabukan serta para lelaki telanjang dan mencambuki perempuan dengan menggunakan cambuk yang terbuat dari kulit kambing atau kulit anjing. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa meningkatkan kesuburan para perempuan dan masyarakat terlindung dari serangan. Ada pula artikel yang mengaitkan dengan kematian St.Valentine yang disebutkan meninggal akibat hukuman mati dari Claudius II karena menikahkan beberapa pasangan secara sembunyi-sembunyi, yang mana saat itu terdapat larangan menikah. Karena alasan ini banyak masyarakat menanggap bahwa St.Valentine merupakan pejuang cinta.

Masih banyak lagi artikel yang membahas mengenai valentine day yang belum sempat saya masukkan dalam pembahasan saya kali ini. Menurut saya pribadi suatu hal yang sangat disayangkan jika merayakan suatu hal belum tentu ada manfaatnya apalagi setelah melihat asal usul sejarahnya. Hingga kini pun hari valentine sangat sesuai dengan perayaan Lupercalia dikarenakan banyak pasangan yang belum menikah melakukan hubungan intim, yang berdalih menunjukkan rasa kasih sayangnya. 

Harapan saya sebagai generasi muda, alangkah baiknya pemerintah ikut serta dalam pencengahan sex bebas dihari valentine itu.

0 komentar