Hak dan Kewajiban Suami Istri

by - 21:56

Beberapa waktu lalu saya dan seorang teman membahas mengenai hak dan kewajiban dari suami istri. Jadi, saat itu aku jawab kalau kewajiban istri itu mendengarkan suami. Nah gimana jika mendengarkan suami itu wajib, bisa jadi sang istri bakalan banyak dosa dong. Contohnya jika Istrinya lagi sibuk urus anak trus suami minta dibuatkan makanan enak, gimana dong kan nggak adil. Atau gini misal urus anak,rumah dan sebagainya itu wajib trus gimana jika perkerjaan itu dikerjakan orang lain misal asisten rumah tangga atau keluarga.

Nah, karena akunya bingung gimana jadi dia ngejelasin: 
  • Kewajiban istri itu hanya 1 yaitu “melayani suami” (ngerti lah), sedangkan masalah urus anak dan lain sebagainya itu kewajiban bersama dan jika dilakukan istri maka itu perbuatan baik sang istri.
  • Kewajiban suami terhadap istri yaitu menafkahi lahir batin semua kebutuhan hidupnya dan bukan keinginannya. Pas dengar ini, langsung deh jiwa kewanitaanku bertanya trus gimana kalau minta dibelikan skincare? Hehe. Jadi, untuk masalah perawatan tubuh istri, bukan kebutuhan hidup tapi salah satu perbuatan baik sang istri jika untuk suaminya.
  • Hak istri yaitu berhak di nafkahi dan mendapatkan apa yang diwajibkan oleh suami, dan berhak dilindungi sesuai firman Allah “Jagalah Istri dan anak mu dari api neraka”
  • Suami berhak dilayani, ditaati, dijaga hartanya dan anak anaknya serta di dengarkan selagi tidak melanggar syariat. Jadi, haknya suami tuh banyak karena tanggung jawabnya juga banyak.

Sebenarnya sampai sekarang pun masih berpikir kalau itu semua masih bisa di toleransikan sesuai kondisi kedua bela pihak, namun semakin kesini jadi lebih berpikir lagi kalau semua itu bukan hanya mengenai toleransi tapi mengenai bagaimana bertindak sesuai ajaran agama kita.

Jadi itu hasil penjelasanya, sebenarnya lumayan panjang sih tapi aku ambil intinya aja. So, bagi teman-teman yang lebih tau mengenai ini mohon diluruskan dan ditambahkan jika ada kekurangan.




4 komentar

  1. Boleh. Bertanya Dek.?
    Maslah kewajiban istri
    Seorang suami Berhak Menggauli Istri dengan cara yg Baik. Dan seorang istri Wajib melayani suaminya Bahkan dalam ke adaan Haidpun asalkan bukan dengan cara yg di haramkan....

    Pertanyaanya Bagaimana Klo seorang istri sementara Berpuasa Sunnah. Trus si suami Minta untuk di Layani Apa yg harus di lakukan Sang Istri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terpaksa istri wajib memenuhi kebutuhan suaminya, krn itu wajib dibanding puasa sunnah. kecuali, suami menahan 😁

      Hapus
  2. Ok. Makasi penjelasannya dek tetap dahulukan yg wajib. Kemudian yg sunnah.

    BalasHapus
  3. mengenai masalah hak dan kewajiban dalam rumah tangga itu, intinya sih semua bisa dikomunikasikan dengan baik agar tidak ada yang merasa terdzalimi hehe

    BalasHapus